FUNGSI DARAH

Selasa, 08 Juni 2010 20.31 Diposting oleh abdurahman S
1. Darah mempunyai berbagai fungsi,yaitu sebagai alat pengatur suhu tubuh,pengatur kesimbangan asam-basa dan pertahanan tubuh. Pada bagian berikut nie,akan membahas fungsi darah sebagai alat angku.

1. Darah mengedarkan Sari-sari Makanan

Sari-sari makanan dihasilkan dalam proses pencemaran makanan. Sari-sari makanan itu diserap oleh jonjot usus halus dan masuk ke pembulu darah.
Kemudian sari-sari makanan diedarkan ke seluruh jaringan tubuh oleh darah.
Sari-sari makanan yang diedarkan oleh darah secara langsung dari usus adalah air,vitamin,dan mineral. Sari-sari makanan itu tidak mengalami perubahan dalam proses pencernaan.
Sari-sari makanan diedarkan oleh darah tidak secara langsung dari usus adalah karbonhidrat dan protein. Sari-sari makanan itu terlebih dahulu mengalami perubahan dalam proses pencemaran. Karbonhidrat dan protein diangkut oleh darah dari usus ke hati. Di hati,karbonhidarat dan protein diolah kembali sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hasil olahan karbonhoidrat dan protein selanjutnya diedarkan oleh darah ke jaring tubuh yang membutuhkan

2. Darah Mengedarkan Oksigen (O2)

Darah berperan penting dalam proses pernapasan. Oksigen yang dihirup saat kita bernapas di ikat oleh darah. Darah dapat mengikat oksigen karena darah memiliki hemoglobin (Hb). Hemoglobin tersebut mengikat oksigen di dalam paru-paru. Dari paru-paru,darah mengedar oksigen ke seluruh jaringan tubuh

0 Response to "FUNGSI DARAH"

Posting Komentar