kumbang terkuat di dunia

Selasa, 01 Juni 2010 06.02 Diposting oleh abdurahman S



sebuah jenis kumbang kotoran dimahkotai serangga terkuat di dunia setelah sebuah penelitian menemukan bahwa kumbang ini dapat menarik beban 1.141 kali berat badan sendiri.
Para peneliti dari Queen Mary, Universitas London, yang membuat penemuan setelah berbulan-bulan percobaan, jika di analogikan kepada manusia,kekuatan kumbang ini setara dengan orang yang  menyeret enam bis bertingkat ganda yang penuh terisi.
Mereka mengatakan ini kemampuan menakjubkan dari serangga spesies taurus Onthophagus. Terkait dengan itu mereka ingin mengetahuibagaimana kehidupan sex mereka.
Tim ini menilai kemampuan kumbang kotoran untuk bersaing dengan pesaingnya dengan mengukur berapa banyak kekuatan yang dibutuhkan untuk menariknya keluar dari lubang.
Dr Rob Bell, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini, menjelaskan: “Serangga trkenalmemiliki kekuatan yang menakjubkan jika di bandingkan dengan ukuran badan mereka, karena itulah para peneliti penasaran dengan kehidupan sex mereka.
“kumbang betina spesies ini menggali terowongan di bawah tepuk kotoran, dimana laki-laki kawin dengan mereka. Jika laki-laki memasuki sebuah terowongan yang sudah diduduki oleh pesaing, mereka melawan dengan cara mengunci tanduk dan mencoba untuk mendorong satu sama lain.”
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of Royal Society B, juga menemukan bahwa tidak semua kumbang jantan dari spesies yang super-kuat.
dr. Bell berkata : “Menariknya, beberapa kumbang kotoran laki-laki tidak memperebutkan betina. Mereka lebih kecil, lemah dan tidak memiliki tanduk jantan. Bahkansetelah diberi makan dengan nutrisi yang lengkap,ereka tidak tumbuh lebih kuat.

0 Response to "kumbang terkuat di dunia"

Posting Komentar