ENERGY GAS ALAM

Selasa, 01 Juni 2010 05.53 Diposting oleh abdurahman S
ENERGY Gas Alam/Gas Bumi

Beberapa Jenis Gas alam antara lain adalah sebgai berikut :

Gas
 
Rentang rantai karbon : C1 sampai C5
Trayek didih : 0 sampai 50°C
Peruntukan : Gas tabung, BBG, umpan proses petrokomia.

L N G

LNG = Liquified Natural Gas = Natural Gas yang Dicairkan Natural Gas LNG adalah gas alam yang dicairkan, yang komposisi kimia terbanyaknya adalah Methana (methana 99 % ), lalu sedikit Ethana, Propana, Butana dan sedikit sekali pentana dan nitrogen.

kenapa NG itu diliquidkan?
LNG yg terekspose ke temperature dan tekanan atmosferik akan menguap dan volumenya meningkat 600 kali! dari volume liquidnya. Ini lah yg menyebabkan mengapa NG diliquidkan. Bayangin aja kita harus menyediakan 600 kali tempat untuk bentuk vapornya. Gak efisien bgt.
LNG densitynya lebih ringan disbanding LPG karena zat nya lebih ringan, maka harus dibuat dengan cara didinginkan sampai suhu-150 C dengan tekanan 17 atm,
Sedangkan LPG hanya butuh suhu -31 c dengan tekanan 30 atm, malah pas udah dalem tanki penyimpanan or di pindahin ke tabunng-tabung LPG yang dijual Depot Gas, suhunya ngikut aja dengan suhu ruangan dengan tekanan sekitar 8 atm (hati-hati, masih tinggi tuh).
L P G
LPG adalah Liquefied Petroleum Gas, LPG juga berasal dari gas alam, ada juga dari hasil penyulingan minyak bumi, bentuk nya juga cair, namun perbedaan terbesar nya dari LNG adalah, heating valuenya yang lebih besar, dan komposisi kimia terbanyaknya adalah propana dan butana, lalu sedikit sekali ethana dan pentana. dalam LPG tidak ada methana.

LPG banyak dipakai sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah di rumah tangga, namun di luar negeri LPG sudah banyak kegunaannya, salah satunya sebagai bahan bakar mobil.
  
C N G
" Compressed Natural Gas " adalah gas bumi yang dimampatkan atau dikompres (Compressed) sehingga bertekanan tinggi dan disimpan di dalam bejana tekan atau tabung (Cylinder). Secara kimiawi komposisi gas bumi tersebut adalah dominan gas metana (CH4). Adapun wujud dari gas CNG masih berupa gas, jadi tidak berupa cair, hanya gas tersebut ditekan sampai pada tekanan 250 bar atau di kisaran 3600 psi Dalam teknis operasionalnya, gas bumi dari hulu disalurkan melalui jaringan pipa distribusi ke stasiun kompresi yang biasa disebut mother station dan sering disingkat MS.

CNG dibandingkan dengan LNG dan LPG

CNG terkadang dianggap sama dengan LNG. Walaupun keduanya sama-sama gas alam, perbedaan utamanya adalah CNG adalah gas terkompresi sedangkan LNG adalah gas dalam bentuk cair. CNG secara ekonomis lebih murah dalam produksi dan penyimpanan dibandingkan LNG yang membutuhkan pendinginan dan tangki kriogenik yang mahal. Akan tetapi CNG membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar untuk sejumlah massa gas alam yang sama serta perlu tekanan yang sangat tinggi. Oleh karena itu pemasaran CNG lebih ekonomis untuk lokasi-lokasi yang dekat dengan sumber gas alam.
CNG juga perlu dibedakan dari LPG, yang merupakan campuran terkompresi dari propana (C3H8) dan butana (C4H10).

N G L
Cairan gas bumi
(NGL = Natural gas Liquids)
≡ fraksi berkomponen etan sampai pentan.
Karena masih tingginya ongkos operasi proses reformasi dgn kukus (steam reforming), teknologi GTL masih belum kompetitif. Rute-rute alternatif yang lebih murah masih dalam tahap penelitian dan pengembangan.

1 Response to "ENERGY GAS ALAM"

  1. Unknown Says:

    PT. Citra Nusantara Energi sebagai distributor Gas Alam sangat cocok digunakan di Industri maupun di alat transportasi pribadi atau umum. For more info CALL (031) 8550858 or klik http://cne.co.id/ :)

Posting Komentar